Terinspirasi dari Finalnya teman…

Beberapa hari yang lalu, saya menerima SMS dari seorang teman (CH4 juga) yang sedang Final. Belum sempat sy baca, eh,  dia menelpon. Dari seberang dia berkata “Ko baca ji SMS ku??”, lalu kujawab, “Iya”, truz dia bilang, “Cepat nah!!”, “OK”, begitu kataku.

Yang dia tanyakan:

1. Apa pengertian Alamat Host?

  • Jawabannya : Host Identifier/HostID atau Host address (alamat host) yang digunakan khusus untuk engidentifikasikan alamat host (dapat berupa workstation, server atau sistem lainnya yang berbasis teknologi TCP/IP) di dalam jaringan. Nilai host identifier tidak boleh bernilai 0 atau 255 dan harus bersifat unik di dalam network identifier/segmen jaringan di mana ia berada.

2. Pengertian Alamat Network!

  • Jawabannya : Network Identifier/NetID atau Network Address (alamat jaringan) yang digunakan khusus untuk mengidentifikasikan alamat jaringan di mana host berada.
    Dalam banyak kasus, sebuah alamat network identifier adalah sama dengan segmen jaringan fisik dengan batasan yang dibuat dan didefinisikan oleh router IP. Meskipun demikian, ada beberapa kasus di mana beberapa jaringan logis terdapat di dalam sebuah segmen jaringan fisik yang sama dengan menggunakan sebuah praktek yang disebut sebagai multinetting. Semua sistem di dalam sebuah jaringan fisik yang sama harus memiliki alamat network identifier yang sama. Network identifier juga harus bersifat unik dalam sebuah internetwork. Jika semua node di dalam jaringan logis yang sama tidak dikonfigurasikan dengan menggunakan network identifier yang sama, maka terjadilah masalah yang disebut dengan routing error.

3. Pengertian Alamat Broadcast!

  • Jawabannya : Alamat Broadcast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama. Alamat broadcast digunakan dalam komunikasi one-to-everyone.

4. Keuntungan Subnetting!

  • jawabannya :

1. Menyederhanakan administrasi. Dengan bantuan router, jaringan dapat dipecah ke dalam bagian-bagian lebih kecil yang dapat dikelola lebih mudah dan efisien

2. Perubahan struktur jaringan internal tidak berdampak pada jaringan di luar.

3. Keamanan jaringan yang lebih baik.

4. Pembatasan lalu lintas jaringan. Dengan bantuan router dan subnetting, lalu lintas data dalam jaringan diminimumkan.Misal suatu jaringan dengan IP 192.169.10.0 akan dibagi menjadi 5 jaringan kecil (masing-masing 48 host) yang artinya harus dilakukan proses subnetting dalam jaringan tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan membagi IP jaringan tersebut menjadi blok-blok. IP jaringan tersebut adalah tipe klas C yang telah diketahui mempunyai 255 IP, maka setiap blok akan punya IP sebanyak (255:5)-2 =49 (2 IP diambil untuk IP broadcast dan IP network)

Begitu jawaban yang ku dapat ketika ku search di google. Dapatnya dari WikiPedia Jawaban yang kuberikan pada temanku tdk sepanjang dan se-detail itu, tapi lumayan mengena……

Semoga jawabannya benar, dan dia bisa dapat nilai yang baik. Lain kali, harus belajar ya….

Advertisements

, , ,

  1. #1 by Fatz on August 1, 2009 - 6:54 am

    Nda usah sebut nama pelakunya (Ren, sy nda bilang ji kalo kau pelakunya…hihihi..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: