Semua Berawal Dari Notepad

Notepad, salah satu aksesori di windows yang filenya berekstensi txt. Awal saya mengenalnya adalah ketika pertama kali diperkenalkan dengan kuliah pemrograman web 1 di kampus STMIK Dipanegara Makassar. Awalnya saya bingung, ketika dosen menyuruh kami membuka notepad. Notepad kan tampilannya sangat2 sederhana. Benar-benar tidak menarik! Begitu pikirku dalam hati. Akan tetapi, perlahan-lahan beliau mulai menjelaskan, memberi contoh dengan membuat sebuah kalimat di layar notepad.

Seperti ini kira-kira beliau membuatnya :

Notepad

Kemudian file itu di save dengan nama test.html, dan berikut hasilnya setelah di browse dari browser (Mozilla Firefox).

Notepad2

Akhirnya muncul ketertarikan untuk terus mendalaminya.  Mempelajari  fungsi dari setiap script yang dituliskan. Meski waktu itu ada modul, tapi tidak semua ilmu web ada disitu. Alternatif  lain adalah dengan membaca buku. Karena perpustakaan pun dipenuhi buku-buku pemrograman web, dari pemula hingga webmaster. Satu semester bertemu dengan pemrograman web 1. Semua materi yang dibahas hanyalah tentang HTML (HyperText Markup Language) saja. Dan menurutku itu tidaklah begitu sulit. Bahkan saya menjadikannya sebagai kuliah favorit. Nah, di semester berikut, ketika membaca KRS, saya melihat ada satu lagi mata kuliah lanjutan pemrograman web I. dialah Pemrograman Web II. Wah, ini menyenangkan! Begitu pikirku. Semua tentang web pasti akan dibahas disini. Jadi tidak sabar menunggu kuliah perdananya…

Ternyata, di pemrograman web II tidak hanya membahas tentang HTML saja, melainkan PHP (Personal HomePage) juga. Ini kelihatan lebih sulit. Scriptnya benar-benar menyulitkan. Apalagi ditambah dengan pengenalan database plus koneksi web – database. Disini kami tak lagi pakai notepad. Karena ada banyak macam software yang bisa digunakan. Waktu itu saya memilih Editplus sebagai editor PHP. Sayangnya, kuliah ini saya dapat jam siang, soalnya terlambat menginput. Kelas-kelas awal semua sudah penuh. Jadinya, saya dapat kelas siang, 13.40 WITA di ruang B106 gedung B. Ini menjadi kendala yang sangat besar buat saya. Karena saya benci kuliah siang. Karena jam-jam itulah saya pasti akan merasakan mengantuk tingkat tinggi. Jadinya, saya jarang masuk. Sementara itu, di kuliah praktikumnya, dibawakan oleh dosen yang berbeda. Sehingga materi pun tidak mungkin sama. Walaupun kurikulumnya sama, tapi cara mengajar mereka berbeda. Apalgi dosen praktikum hanya 1-2 kali masuk, lalu memberi tugas besar. Waktu itu tugasnya membuat sebuah website dengan bahasa PHP plus harus memiliki database, dan bisa melakukan proses input, edit, dan juga hapus. Desain web dinamis. Judul apa saja yang penting memenuhi kriteria diatas. Dan saya mengangkat judul penjualan buku online. Untungnya, metode pembayaran tidak menjadi tuntutan beliau.

Beberapa minggu kemudian, waktu pengumpulan tugas tiba. Sebagai pengganti nilai final. Berhubung waktu itu saya harus menjaga nenek yang sedang sakit di rumah sakit selama 2 minggu, jadinya saya harus ekstra kerja keras dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Bolak-balik rumah, kampus, dan rumah sakit jadi rutinitas sehari-hariku. Karena tugas hanya bisa kukerjakan dirumah. PC kan tdk bisa dibawa kemana-mana…dan dengan segenap tenaga, tugas itu berhasil kuselesaikan. Ini adalah proyek pertamaku yang benar-benar memberiku pelajaran berharga. Yang awalnya saya pesimis bisa menyelesaikannya. Ternyata tak ada yang tak bisa, selagi kita mau berusaha. Program sesulit apapun, akan menjadi sederhana ketika kita ada keinginan untuk belajar dan selalu belajar. Literatur ada dimana-mana, om google 24 jam dalam sehari menyediakan waktunya untuk kita. Jadi kurang apa lagi ya???

Nilai keluar…

E…itulah nilai pemrograman web II yang kudapati di KHS ku. Lho..??? kok E? seburuk apapun tugas ku itu, saya tak yakin kalau nilainya dibawah C. Ternyata waktu tugasku itu di kumpul (sy kan hanya nitip lewat teman), dia lupa menandatangani berita acara. Jadi saya dianggap tak mengikuti final. Sedih, tapi harus tetap bersabar. Paling tidak, saya bisa mendapatkan ilmunya…

Bertemu dengan kuliah Administrasi Web (Webmaster)

Sangat menarik. Meski dia hadir sebagai mata kuliah baru di semester akhir, saya bertekad untuk menginput kuliah ini. Wajib hukumnya. Dan lagi-lagi, kami harus membuat sebuah website sebagai tugas besar selama 1 semester. Dan di akhir semester nanti, akan di persentasekan. Dan proyek ke II (begitu sy menyebutnya), sukses! Tanpa menggunakan CMS (Content management System) websiteku jadi. Sekedar informasi, CMS tidak dipakai di STMIK Dipanegara. Jadi, dalam pembuatan website, script ditulis per script, dari <html> hingga </html> atau dari <? Hingga ?>.

Skripsi pun masih website…

Ada beberapa judul yang kami ajukan, diantaranya :

  1. Sistem Pakar untuk mendeteksi penyakit mata pada manusia (dengan bahasa pemrograman  visual basic)
  2. Perancangan Sistem Informasi Akademik pada Univeritas Islam Alauddin Makassar
  3. Aplikasi KRS Online pada Universitas IslamAlauddin Makassar
  4. Perancangan Web Dinamis pada AP2B SCADA PT PLN (Persero)
  5. Desain Website CV Prima Indo Tuna Makassar

Judul pertama yang kuajukan ditolak dengan alasan kami dari konsentrasi Jaringan, bukan sistem cerdas (robotika).

Judul kedua dan ketiga ditolak karena beberapa tahun lalu sudah ada yang mengangkat judul itu.

Judul keempat masih pula beliau tolak, padahal ini programnya sudah jadi. Ini adalah program yang kami buat ketika KKLP di PT PLN. Alasannya karena terlalu sederhana dan tidak ada yang bernilai lebih.

Anehnya, malah judul kelima yang diterima. Mengapa? Beliau tertarik karena ini adalah perusahaan perikanan yang tentunya didalamnya ada penjualan. Dia mengingkan system ini nantinya berjalan online. Pemesanan, pembelian, penjualan secara online. Bahkan pembayaran pun ditentukan. Tadinya beliau menginginkan pembayaran dengan sistem credit card. Tapi kami menolak, karena itu sangat susah. Belum tentu juga nantinya program ini akan dipakai oleh perusahaan.

Ketika tiba dirumah, saya berpikir dan berpikir kemudian menyimpulkan, yang terbaik bagi kita dimata kita belum tentu terbaik bagi kita di mata Allah. Dia tahu, apa yang bisa dan pasti bisa kita kerjakan. Web yang menjadi kuliah favoritku, ternyata pada akhirnya juga membawaku menjadi seorang sarjana…

dan hari ini, 1 September 2008, saya dan Itha telah menyelesaikan sidang skripsi dan hari ini pula kami di yudisium…sungguh menjadi awal ramadhan yang menyenangkan..sekaligus menjadi kado terindah di hari ulang tahunku di 17 September mendatang…

Thanks God…..

Advertisements

, , , , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: